Aplikasi Web Grabber Untuk Mengambil Halaman Web Sesuai Dengan Keyword Yang Diinputkan

Posted on Selasa, 30 Maret 2010 by dv_iput

ABSTRAK
Saat ini penggunaan search engine pada internet masih belum memperoleh hasil yang maksimal. Pengguna masih harus browsing halaman-halaman web hasil pencarian untuk mencari topik yang diinginkan satu-persatu. Untuk itu perlu dibuatkan aplikasi yang dapat mencari dan menyimpan halaman-halaman web dengan link-link-nya sesuai topik tanpa harus melalui proses browsing, sehingga hasilnya dapat dilihat secara offline. Aplikasi ini biasa disebut Web Grabber.
Program aplikasi Web Grabber ini mendapatkan inputan berupa keyword dan kedalaman pencarian. Inputan ini akan diproses untuk memperoleh hasil berupa halaman – halaman web yang disimpan secara otomatis sesuai dengan keyword yang diberikan dan tingkat kedalaman pencariannya. Proses didahului dengan pencarian keyword pada search engine yang tersedia menjadi sebuah list yang dapat dipilih oleh pengguna. Hasil aplikasi ini berupa halaman – halaman web yang mengandung keyword. Aplikasi juga menyediakan fasilitas untuk browsing hasil yang didapat.
Program yang dibuat berhasil melakukan penyimpanan halaman-halaman web sesuai dengan keyword yang diberikan dengan tingkat kedalaman tertentu, yang sebelumnya dicari melalui search engine Altavista atau Google. Halaman-halaman web yang mengandung keyword dapat diambil dan disimpan pada komputer sehingga dapat di-browse secara offline.

Kata kunci :
Web Grabber, Keyword, Kedalaman, Search engine, Internet

ABSTRACT
Web Grabber Application To Get The Web Pages That Is Appropriate With The Keyword Input
At this time the use of search engine in Internet still not get maximum result. User need to browse every web page list as the result of the search that fit with the topic one by one. We need an application that has a capability to look and to save web pages with their links fit with the topic without browsing, so that the result can be accessed offline. This application is called Web Grabber.
Web Grabber application uses inputs such as keyword and searching depth. The input will be processed to get the appropriate web pages with the keyword and the searching depth, which is automatically saved. Firstly the keyword is needed to be search in the available search engine to get the search lists, which can be picked by the user. Every pick list will be use as the first search page. This application results are the web pages that is contain the keyword. This application also has a facility to browse the results.
This application was succeed to automatically save web pages that appropriate with the input keyword and the depth, that previously search in AltaVista or Google. Web pages that contain with the keyword saved in the computer so that it can be browsed offline.

Keywords:
Web Grabber, Keyword, Depth, Search Engine, Internet

1. Pendahuluan
Internet sebagai sarana media informasi banyak diminati oleh masyarakat. Dengan menggunakan internet, orang dengan mudah mengakses jutaan halaman web yang sarat informasi. Dengan memasuki satu situs saja, orang bisa browsing kemana saja.
Masalah timbul setelah mendapatkan halaman web yang dicari, link-link yang ada pada halaman web tersebut satu persatu harus di-browsing untuk mencari informasi yang diinginkan. Hal ini harus dilakukan secara online. Ditambah lagi proses penyimpanan harus dilakukan secara manual untuk tiap halaman web.
Dari masalah diatas, peneliti membuat aplikasi offline browser yang dapat melakukan search topik yang diinginkan. Kemudian dari masing-masing list dari link yang didapatkan, aplikasi melakukan pemilihan dan penyimpanan halaman-halaman web yang mengandung kata dari topik beserta semua halaman cabang link-nya, bila halaman web dari link cabang masih mengandung kata yang sama dengan keyword topik yang dimasukkan sehingga pembacaan halaman web diinginkan dapat dilakukan secara offline. Aplikasi seperti ini biasa disebut Web Grabber.

2. Tinjauan Pustaka
2.1. Web Browser, Offline Browser dan Web Grabber
Web Browser adalah sebuah program aplikasi yang memungkinkan user untuk melihat dan berinteraksi dengan teks, image dan informasi lain yang terletak pada web page yang berada pada World Wide Web atau Local Area Network. Teks atau image pada sebuah web page dapat mengandung hyperlink ke web page lain pada website yang sama lainnya. Web Browser memungkinkan user untuk secara cepat dan mudah mengkases informasi dari banyak web page pada banyak website dengan mengikuti link - link yang ada [7].
Web Browser moderen memiliki mode offline browsing, dimana sebuah web page disimpan secara lokal pada folder sementara dan akan dihapus secara otomatis pada waktu tertentu. Beberapa web browser bahkan menyediakan fasilitas untuk user guna memilih page - page mana yang dapat di - browse secara offline dan menggaransi bahwa page - page tersebut tidak dihapus secara otomatis. Aplikasi offline browser yang lain dapat mengikuti link - link pada sebuah page dan mnyimpan semua page yang dari link - link tersebut dalam harddisk lokal agar dapat dilihat (browsed) setelah user disconnected [8].
Web Grabber yang dibuat ini adalah sebuah aplikasi Offline Browser yang dapat mencari page - page pada World Wide Web sesuai dengan "keyword" yang ditulis, mengikuti link - link dari page - page tersebut sampai kedalaman tertentu secara rekusif dan selanjutnya menyimpan semua page yang ditemukan ke dalam harddisk lokal agar dapat dilihat lagi setelah user disconnected dari World Wide Web.

2.1. Teknologi Pembangun Web
2.1.1. HTML
Hypertext Markup Language (HTML) adalah format hypertext yang dipakai di web. HTML adalah standar yang didefinisikan oleh W3C (World Wide Web Consortium), yaitu badan yang mengontrol internet. Standar yang ada sekarang adalah HTML 4 [2].
Kunci HTML adalah tag pembuka (misalnya ) dan tag penutup (). Di dalam dan dapat ditambahkan pasangan tag-tag yang lain [2].

2.1.2. Link
Halaman web dapat terhubung ke halaman web lain. Untuk menambahkan link, digunakan pasangan tag anchor, yaitu . Tag mempunyai 3 atribut [2]:
· HREF untuk membuat link ke halaman lain.
· NAME untuk membuat link pada halaman yang sama.
· TARGET untuk menyatakan file yang berhubungan dengan atribut HREF.

Bentuk umum :
Label

URL menyatakan URL dari halaman, dan Label menyatakan label yang ditampilkan dan dapat dipilih.

2.1.3. URL
URL (Uniform Resource Locator) adalah deskripsi komplit dari lokasi sebuah resource yang ada pada jaringan. Berikut ini adalah contoh dari URL [2]:

http://www.Tsite.com/art/coba.dll/mamalia? hewan=kucing&warna=putih

URL adalah bagian dari URI (Uniform Resource Identifier) yang didefinisikan di dalam standar HTTP (RFC1945).

2.2. Backtrack
Backtrack adalah salah satu metode penyelesaian masalah dengan membagi masalah ke sejumlah level proses. Dalam setiap level terdapat sejumlah solusi. Dalam backtrack digunakan pemrograman secara rekursif, dimana program yang dikerjakan tiap level-nya adalah sama [7].

Algoritma backtrack secara umum adalah sebagai berikut [7]:

Prosedur Backtrack (level n)
Inisialisasi pemilihan prioritas pemanfaatan solusi
Sukses ¬ false
Repeat thru step 4 until sukses Or solusi habis
Ambil solusi berikut sesuai prioritas
If solusi dapat dipakai Then Jalankan mengikuti solusi tersebut
If Solusi belum lengkap Then Sukses ¬ Backtrack (level n+1)
If Tidak sukses Then Batalkan tindakan untuk solusi tersebut
Return Sukses

Untuk implementasi backtrack pada aplikasi web grabber ini, “sukses” adalah ada atau tidak kata yang akan dicari pada halaman web tertentu yang di-grab. Sedangkan “solusi” didasarkan pada prioritas yang dipilih sesuai link-link pada halaman web secara berurutan dari awal sampai akhir. “Level” adalah jumlah kedalaman yang diinginkan pada suatu site.

2.3. NMHTTP
NMHTTP adalah sebuah komponen dari Borland Delphi 5.0 yang digunakan untuk mengambil isi dari suatu URL. Hasil pengambilan dari NMHTTP adalah text base dan tidak dapat secara langsung dilihat hasilnya.

2.4. WebBrowser
Komponen WebBrowser dari Borland Delphi 5.0 digunakan untuk browsing halaman web.Metode yang digunakan untuk download pada komponen ini adalah “Navigate”.


3. Desain Sistem
Program terdiri dari tiga bagian yaitu proceed, view, dan options.

3.1. Menu Proceed
Pada bagian ini, program akan memproses inputan user, yang berupa kata yang dicari, kedalaman pencarian dan site spesifik jika pencarian tidak menggunakan search engine. Setelah itu, inputan dari user tersebut diolah untuk mendapatkan web page sesuai dengan keinginan.

3.1.1. Search to Search Engine
Proses ini dilakukan bila user memberikan inputan dan memilih untuk menggunakan search engine dari Altavista atau Google sebagai alat bantu pencarian web page yang diinginkan.
Pada pencarian menggunakan search engine Altavista, kata yang ingin dicari user dikirim ke Altavista menggunakan URL dengan format seperti berikut ini:

http://www.altavista.com/web/results?q=....&kgs=0&kls=1&avkw=xytx&stq=0

Sementara bila menggunakan search engine Google, URL yang digunakan memiliki format sebagai berikut:

http://www.google.com/search?q=....&hl=en&lr=&ie=UTF-8&start=0&sa=N

Untuk mengetahui apakah search engine menemukan web page yang diinginkan, dilakukan pengecekkan isi html hasil URL yang dimasukkan, atau dengan kata lain html yang diterima harus dibuka.
Cara pengecekan pada hasil html dari Altavista adalah dengan mencari kata berikut ini:

onMouseOver="status=
Kata ini akan dilanjutkan dengan alamat tiap web page yang dihasilkan oleh search engine Altavista. Pencarian dilakukan pada seluruh halaman html yang didapat Altavista itu sampai habis.
Sedangkan pada Google, indikator yang mengarahkan pada alamat-alamat web page yang didapat oleh Google adalah:

q=related:

Pencarian dilakukan pada halaman html yang didapat sampai indikator tersebut tidak lagi ditemukan pada halaman yang bersangkutan. Jika pencarian pada search engine membawa hasil, maka hasil yang berupa alamat-alamat web akan ditampilkan dan dapat dipilih oleh user. Proses ini terjadi pada proses Pilih Site.

3.1.2. Pilih Site
Setelah hasil search dari search engine diambil hasilnya, maka masing-masing hasil yang berbentuk alamat URL ditampilkan pada suatu list yang biasa disebut CheckListBox. Disini, user dapat memilih page-page mana yang diinginkan, dengan cara memberikan check (Ö) pada web page yang dimaksud. Banyaknya alamat web yang ditampilkan pada CheckListBox ini sebanyak 10 buah.

3.1.3. Metode Backtrack untuk pencarian halaman – halaman web
Pada bagian ini semua link web page sampai kedalaman yang diinginkan akan di cari satu per satu menggunakan metode backtrack programming.

Setelah sebuah web page disimpan (akan dijelaskan pada sub bab berikutnya), html yang terambil tadi kembali diproses lagi untuk dicari link-link-nya. Caranya dengan mencari tag ‘’ pada halaman html tersebut.

3.1.4. Proses penyimpanan Site / Web Page
Proses penyimpanan site / web page ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu penyimpanan site tanpa menggunakan image, dan penyimpanan site dengan menggunakan image. Untuk pemilihan penyimpanan tanpa image atau dengan image dapat di-set terlebih dahulu.

3.2. Menu Options
Menu Options digunakan untuk mengarahkan posisi path directory untuk penyimpanan file web page yang diambil dan untuk memberikan pilihan bagi user apakah ingin mengambil image dari web page yang disimpan atau tidak.

3.3. Viewing Grab Result (Menu View)
Untuk melihat isi web yang berhasil diambil, disediakan browser sederhana untuk melihat hasil web yang tersimpan satu persatu. Caranya dengan browsing directory terlebih dahulu sampai list yang berekstensi html keluar kemudian dipilih salah satu untuk melihat hasilnya.

4. Evaluasi Software
Dari hasil pengujian aplikasi ini dapat diketahui bahwa aplikasi telah berjalan dengan baik, seperti terlihat pada beberapa screenshot berikut ini.

5. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan tentang perancangan dan pembuatan aplikasi Web Grabber ini dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu antara lain:
Program aplikasi Web Grabber yang dibuat berhasil melakukan pencarian halaman-halaman web sesuai dengan topik yang diinginkan tanpa harus membuka sendiri halaman-halaman web secara manual. Hasilnya yang berupa halaman-halaman web secara otomatis tersimpan pada komputer dan dapat dilihat secara offline.
Timbul kesulitan bila ada redirection pada sebuah URL. Hal ini karena alamat URL baru sulit untuk ditelusuri, sehingga link-link cabang alamat baru tersebut tidak dapat dicari lebih lanjut.
Ditemui kesulitan pada saat proses, bila pada tag html halaman web yang diambil ditemukan tag script. Link-link arahan dari tag script pada html ini masih belum dapat diambil.
Adanya kesulitan saat grabbing, yang disebabkan oleh variasi bentuk penulisan link, baik itu link halaman maupun link untuk image.

15 Responses to "Aplikasi Web Grabber Untuk Mengambil Halaman Web Sesuai Dengan Keyword Yang Diinputkan":

Muhammad Chandra says:

waw. .
lengakap sob penjelasannya. .
makasi ya. .

--terima kasih--

Admin says:

asyik bacanya..
meskipun panjang..
nice info..
thanks...

www.nukangdesign.com says:

informatik ........

Abdul Muta'ali says:

udah jadi ya skripsinya....
hehehe

Anonim says:

bermanfaat bagi para mahasiswa. Salam ukhuwah

Anonim says:

sippppp

Anonim says:

Makasih Infonya... mudah2aN BERMANFAAAT...

Unknown says:

mantab

Anonim says:

Info yang bagus dan bermanfaat. urlnya juga bagus untuk SEO ada kata skripsinya, pasti banyak yang nyari.

Salam ukhuwah

Ilham Nurhamzah says:

Seep dwedh...
Buat proposal teknik komputer jaringan emang cocok tuh...
heu...heuu...

Carly Fiorina says:

Hello,

This is really interesting take on the concept. I never thought of it that way. I came across this site recently which I think it will be a great use of new ideas and informations. Thanks a lot.

Web Grabber

Unknown says:

Thanks alot for sharing such valuable tips and informations on computer repair.Really it gives me more technical support on my computer.Computer Help Site

Unknown says:

TANKS KK,,MENARIK SEKALI

Summary Collection says:

Thaksn Infonya sob, komplit bener deh....

Bujang Keling says:

Article SEO banget