Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pengontrol Air Conditioner ( AC ) Melalui Shoet Message Service ( SMS )

Posted on Minggu, 17 Januari 2010 by dv_iput

A. Latar Belakang
Kebutuhan akan sistem untuk pengontrolan jarak jauh semakin meningkat sejalan dengan era globalisasi dimana perpindahan dan pergerakan manusia semakin luas dan cepat. Pengontrolan melalui SMS merupakan hal yang lumrah, tetapi sistem ini kerap digunakan untuk sistem fix-point. Teknologi Short Message Servisce (SMS) merupakan solusi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi biaya, serta menjadi model fleksibel multi point to multi point. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan web server sebagai media yang menerima perintah melalui PHP. Sebagai uji coba akan dilakukan pengontrolan pada air conditioner dengan menggunakan sebuah komputer kontrol dan dikelolah oleh sebuah server.

Melihat perkembangan tersebut timbul gagasan untuk membuat suatu sistem untuk pengontrolan piranti elektronik yang terhubung komputer melalui Short Message Service ( SMS ). pengontrolan air conditioner ( AC ) melalui parallel port dari Personal Computer (PC) yang terhubung ke jaringan dan metode pengontrolannya menggunakan visual basic. Kelebihan sistem pengontrolan menggunakan Short Message Service ini yaitu kita bisa mengontrol rangkaian elektronik meskipun kita tidak berada di dekat piranti elektronik, kita bisa melakukan pengontrolan seperti mematikan dan menyalakan air conditioner ( AC ) bahkan bisa mengatur jadwal menyalakan dan mematikan air conditioner ( AC ) sesuai dengan penjadwalan matakuliah, jadi kita tidak perlu mematikan dan menghidupkan air conditioner ( AC ) setiap hari secara manual. Cukup dengan sekali kita sms maka computer akan mengatur hidup dan matinya air conditioner ( AC ) tersebut. Dengan pengontrolan menggunakan aplikasi SMS akan menjadi lebih menarik tampilannya dan lebih memudahkan pengontrolan. Selain hal tersebut segala sesuatu kegiatan pengontrolan akan terdatabase.

Untuk mencegah membesarnya dimensi piranti elektronik yang akan di kontrol menggunakan rangkaian Air Conditioner (AC) yang lebih memudahkan untuk melihat keberhasilan pengontrolan.

2 Responses to "Perancangan Dan Pembuatan Sistem Pengontrol Air Conditioner ( AC ) Melalui Shoet Message Service ( SMS )":

Anonim says:

mbak..boleh gak saya minta detailnya judul skripsi ini?
garis besar aplikasinya gimana?
dan pake metode apa?
tlg ya mbak...
mohon kirim ke email kamplet86@gmail.com
thx b4...

BEAF says:

BEAF says : ngabisin pulsa dunk